BELAJAR HTML DASAR UNTUK PEMULA

Dalam tutorial kali ini saya ingin berbagi tentang bagaimana belajar HTML untuk pemula, meskipun saya sebenarnya juga pemula, tapi tidak apa, itu tidak membuat saya ragu atau minder untuk berbagi ilmu yang saya punya. 

Ngomong-ngomong sobat sudah tau belum apa itu HTML? 

Pengetahuan Dasar tentang HTML

  • HTML singkatan dari Hyper Text Markup Language. Sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser.
  • HTML berisi kode-kode tag yang menginstruksikan browser untuk menghasilkan tampilan sesuai dengan yang diinginkan.
  • HTML menggambarkan struktur pada halaman Web.
  • Elemen pada HTML merupakan Blok dari Halaman HTML.
  • HTML dibangun dari kumpulan Tag-tag.

Hal dasar yang perlu diketahui untuk belajar HTML



Itu saja ya sobat sedikit pengantar dan pengertian tentang HTML.
Langsung saja... Sobat buka notepad, karna ini untuk pemula ya saya sarankan pakai notepad saja, kalo nanti sudah sedikit tahu ya monggo mau pakai editor apa saja silahkan. 


Kalo bingung editor itu contohnya apa saja, misal : notepad++, sublimetext, adobe dreamweaver, dan masih banyak lainnya.


kembali ke tutorial awal, setelah buka notepad nya, silahkan sobat tuliskan seperti yang saya contohkan.

Jika sudah menuliskan semua kode diatas, kemudian sobat simpan file tersebut dengan ekstensi (.html) atau (.htm). 


Misalnya file tadi sobat simpan dengan nama “halaman.html”. hasil file yang sudah disimpan kurang lebih seperti gambar dibawah ini, karena default browser yang saya pakai adalah chrome maka file saya bergambarkan logo chrome.

coba sobat dobel klik file halaman.html tadi, kurang lebih hasilnya seperti dibawah ini :

Sedikit Penjelasan tentang kode diatas, sobat perhatikan potongan kode di bawah ini :

Tulisan "Belajar HTML" itu akan muncul pada title halaman atau nama halaman ketika sobat membuka hasil file html tadi, coba sobat perhatikan nama titlenya, pasti bertuliskan “Belajar HTML”.


Singkatnya itu adalah nama halaman HTML sobat. Sekarang sobat perhatikan potongan kode berikut :

Kode diatas adalah isi dari file "halaman.html" yang sudah sobat buat tadi. jadi didalam html yang akan di tampilkan di browser hanya tulisan diantara tag (<body>) 


Selain itu hanya dianggap sebagai fungsi yang mengendalikan output di browser.



Jika diantara sobat belum paham apa itu tag, di tutorial selanjutnya akan saya bahas apa pengertian dasar tentang tag, elemen, atribut di dalam html. 


Saya harap sobat tidak bingung dengan tutorial ini. 

[ baca : pengertian dasar tentang tag, elemen dan atribut html ]

Selamat Mencoba. Semoga Bermanfaat.
Keep Learning, Koding and Gugling.. :-)

LihatTutupKomentar