PENGERTIAN SINTAX, SELECTOR, PROPERTI DAN VALUE PADA CSS

Tutorial kali ini kita akan mencoba mempelajari sintax, selector, properti dan value yang ada di css. Apa to sebenarnya ke empat istilah diatas? Mari kita pelajari bersama.

Apakah Yang Dimaksud Dengan Sintax di Css ?


Sintax di dalam css bisa berarti tata cara penulisan atau aturan standar yang ada di css, jika penjelasan saya ini kurang bisa diterima oleh para sobat pembaca silahkan sobat cari definisi sendiri tentang sintax css di google atau mesin pencari lainnnya. Saya sampai hari ini pun masih belajar dan belajar, apabila banyak kesalahan di tutorial blog ini harap maklum adanya. :-)

Lanjut ke topik pembahasan...
Didalam css, sintax bisa dikelompokkan menjadi tiga bagian, yaitu : selector, properti dan value. Masing-masing mempunyai peran tersendiri. di bawah ini akan saya jelaskan ketiga bagian tersebut.


Pengertian Selector Css


Selector didalam css adalah kumpulan elemen di html yang akan kita beri fungsi khusus sesuai kebutuhan kita, dengan tujuan membuat tampilan web menjadi lebih menarik.

Pengertian Properti Css


Properti didalam css hampir seperti tag didalam html, yaitu kumpulan karakter atau gaya yang akan kita berikan kepada elemen-elemen yang ada di html, contoh properti : warna, ukuran, jarak, tinggi, lebar dll. Dalam sebuah kasus misalnya kita akan memberikan karakter atau gaya kepada elemen paragraph yang ada di html, misal karakter warna dari elemen paragraph tersebut adalah hijau, dan ukuran fontnya 20 pixel, nah disinilah peran properti itu dibutuhkan.

Pengertian Value Css


Value adalah isi atau nilai yang akan kita berikan kepada properti itu sendiri, misalnya kasus diatas elemen paragraph ingin kita set agar warnanya hijau dan ukuran font 20 pixel, maka disinilah peran value bekerja sama dengan properti.
    Agar sobat lebih jelas dengan isitilah-istilah diatas, saya berikan penjelasan melalui gambar, simak gambar di bawah ini :



    Sekarang lebih jelaskan setelah melihat gambar diatas? Mari kita coba menggunakan istilah-istilah diatas dalam bentuk kode di html. Contoh yang akan kita buat adalah kasus yang saya contohkan pada penjelasan value di atas. Lihat kode di bawah ini :


    <html>
    <head>
    <title>Belajar Membuat CSS</title>
    <style type="text/css">
    p {color: green; font-size: 20px;}
    </style>
    </head>
    <body>
    <p>Paragraph ini berwarna hijau, ukuran font 20 pixel</p>
    </body>
    </html>
    
    
    Silahkan copy dan pastekan kode di atas ke editor sobat, lalu simpan dengan nama misalnya selector.html, maka hasil yang akan ditampilkan di browser kurang lebih seperti ini :


    Selamat mencoba, semoga bermanfaat.
    LihatTutupKomentar